Penyakit Busuk Buah Tanaman Kakao Cara Mengatsinya

Penyakit busuk buah kakao merupakan penyakit yang sangat ditakuti oleh sebagian besar petani kakao, kenapa begitu ? karena serangan penyakit busuk buah kakao ini  dapat menurunkan hasil panen hingga 85% jumlah yang sangat besar tentunya, ada beberapa penyakit yang mengganggu produksivitas tanaman.

cara mengatasi busuk buah kakao

PENYAKIT BUSUK BUAH KAKAO

Ada beberapa penyakit buah kakao diantaranya sebagai berikut :
  1. Penyakit busuk Buah
  2. Penyakit Kanker Batang
  3. Penyakit Vascukar Streak Dieback ( VSD )
  4. Penyakit Jamur Akar
Diartikel ini saya akan membahas sedikit tetang penyakit busuk buah dan cara mengatasnya, dari beberapa penyakit yang diatas yang paling menimbulkan kerugian yang cukup besar adalah penyakit busuk buah kakao, penyakit ini pada intensitas serangan yang tinggi dapat menyebabkan penurunan hasil hingga 85 %. Jumlah yang sangat besar tentunya, oleh karena itu pengenalan gejala serangan, penyebaran dan penularan, serta teknik pengendalian yg tepat perlu dipahami agar kerugian yang ditimbulkan oleh penyakit ini dapat ditekan.

Pengendalian :
Untuk menekan tingkat serangan penyakit ini, beberapa penyakit tindakan pengendalian harus dilakukan, tindakan tersebut antara lain sebagai berikut :
  1. Menggunakan klon unggul yang tahan penyakit busuk buah kakao seperti DRC 16, ICS 6, DR 1 x Sca 12, DRC 16 x Sca 6 atau DRC 16 x Sca 12.
  2. Jarak tanaman kakao atau tanaman perlindungan tidak terlalu dekat agar sinar matahari bisa masuk dalam kebun dan menjaga kelembapan udara kebun.
  3. Melakukan pemangkasan cabang - cabang tanaman kakao dan pohon penaung secara rutin untuk menjaga kelembapan kebun.
  4. Melakukan sanitasi buah - buah yang terserang untuk mencegah penyebaran penyakit kebuah yang sehat, buah - buah yang sakit harus dimusnahkan dengan cara dikubur dalam lubang sedalam minimal 1 meter.
  5. Penyemprotan agen hayati seperti misalnya Trichoderma spp dengan dosis 200 gram perliter sebagai preventif.
  6. Penyemprotan disarankan pada buah yang sehat
  7. Aplikasi fungsida kontak berbahan aktif tembaga 0,3 saat tingkat serangan sudah tinggi.

0 Response to "Penyakit Busuk Buah Tanaman Kakao Cara Mengatsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel