cara pemupukan kelapa sawit yang biasa di gunakan perkebunan sawit

CARA PEMUPUKAN KELAPA SAWIT 
cara pemupukan kelapa sawit berbuah banyak, dosis pupuk kelapa sawit, pupuk yang bagus untuk sawit, jenis pupuk kelapa sawit, manfaat pupuk sawit untuk buah, pupuk sawit baru tanam

Cara pemupukan kelapa sawit - Meskipun kelapa sawit adalah tanaman keras. Pohon sawit memerlukan pemupukan dan perawatan. perawatannya adalah membersihkan piringan pada tanaman kelapa sawit agar buah dalam tandan tidak terganggu hama. Piringan merupakan bulatan di sekeliling tanaman sawit yang tidak boleh di tumbuhi oleh rumput atau gulma agar tanaman kelapa sawit tetap tumbuh subur dan berbuah lebat juga diperlukan pemupukan kelapa sawit yang baik dan benar.

pupuk buah sawit, dosis pemupukan kelapa sawit, pupuk yang bagus untuk sawit, jenis pupuk sawit, pupuk sawit barutanam, manfaat pupuk nasa untuk sawit

Pemupukan kelapa sawit dalam hal ini tidak bole dilakukan dengan sembarangan bahkan terus menerus setiap minggu di pupuk. Waktu pemupukan kelapa sawit biasanya dilakukan ketika curah hujan kecil dan tidak boleh dilakukan pada saat sedang musim hujan berlangsung. Pupuk yang baik sebaiknya dapat memperbaiki keasaman tanah dan merangsang perakaran, Sehingga pemupukan kelapa sawit bisa dilakukan dengan baik. Dalam pemupukan kelapa sawit juga di perhatikan prosedur tata cara pemupukan agar hasil yang di dapatkan lebih maksimal.

Pemupukan kelapa sawit dilakukan 2 - 3 kali dalam setahun tergantung pada kondisi tanaman, umur jumlah pupuk atau kondisi lahan. Khusus untuk pemupukan kelapa sawit pada tanah berpasir atau lahan gambut di ajurka dosis pemupukan lebih banyak. Pemupukan kelapa sawit lebih banyak baik untuk tanaman sawit tapi juga dipikirkan dari  ekonomisnya juga.

Bagi para pemilik perkebunan kelapa sawit perkebunan plasma, perkebunan pemerintah, perkebunan pribadi bahkan perkebunan kelapa sawit koperasi prosedur pemupukan kelapa sawit mungkin sudah tidak asing lagi meskipun sudah berkebun kelapa sawit dan sudah melakukan pemupukan kelapa sawit masih saja ada kelapa sawit yang tidak tumbuh dengan baik atau bahkan buah kelapa sawit malah mengalami gagal panen. kesimpulannya bagi para perkebunan kelapa sawit harus mengetahui prosedur pemupukan kelapa sawit dengan benar.

Pemupukan kelapa sawit adalah salah satu faktor yang penting untuk meningkatkan produksi kelapa sawit. Tidak semua kelapa sawit mempertahankan prosedur pemupukan kelapa sawit setiap saat adakalanya pemupukan kelapa sawit berjalan dengan baik, bahkan ada yang gagal untuk melakukan pemupukan di karenakan pupuk untuk kelapa sawit kurang tersedianya atau kurangnya dalam memberikan dosis pemupukan kelapa sawit, terus bagaimana cara dosis metode yang tepat untuk pemupukan kelapa sawit yang benar.

pupuk sawit, tanaman sawit, dosis pupuk sawit, kelapa sawit, manfaat pupuk sawit, pupuk sawit barutanam, jenis pupuk sawit

Berikut beberapa metode dosis pemupukan kelapa sawit yang benar
  • Pemupukan boleh dilakukan metode sistem benam dan tebar tinggal petani kebun kelapa sawit mau menerapkan metode pemupukan yang mana.
  • Jika menggunakan metode tebar sebaiknya pupuk di tebarkan di pinggiran piringan untuk jarak tanaman muda 0,5 meter sedangkan untuk kelapa sawit tua pemuoukan kelapa sawit pada jarak 1-2,4 meter.
  • Pada pemupukan kelapa sawit metode benam pemupukan di sekeliling piringan kelapa sawit dalam 4 - 6 lubang, biasanya dilakukan pada aeral relatif rendah sedang untuk areal gambut atau pasir mudah erosi.
  • Pemupukan bisanya dilakukan pemupukan dilakukan 2 kali dalam 1 tahun pada awal dan ahir musim hujan.
  • Apabila pemupukan kelapa sawit menggunakan pupuk NPK 15-15-15 dosis perpohon sebnayak 4 kg di tambah DSP 1 kg perpohon.
Berikut cara pemupukan kelapa sawit dengan pupuk nasa
  1. Bersihkan piringan pada sekeliling tanaman kelapa sawit agar bermanfaat pada pohon kelapa sawit dan tandan kelapa sawit sehingga pupuk akan terserap oleh pohon kelapa sawit maksimal.
  2. Untuk tanaman kelapa sawit sudah menghasilkan sebaiknya pakai pupuk Supernasa grnule dan pupuk power nutrition sedangkan untuk tanaman kelapa sawit baru tanam atau kelapa sawit umur 1 tahun bisa gunakan supernasa, poc nasa dan hormonik.
  3. Untuk dosis pupuk organik nasa dalam pemupukan kelapa sawit produktiv dosis supernasa granule 30-50 kg/ Ha sedangkan untuk dosis power nutrition minimal 3-6 kg / hektar.
  4. Dosis pemupukan kelapa sawit yang digunakan pada kelapa sawit baru tanaman untuk supernasa 3 - 6 kg/ha, poc nasa 3 liter dan hormonik 1 liter per hektar.
pupuk sawit, pupuk kelapa sawit, dosis pupuk sawit, jenis pupuk sawit, manfaat pupuk sawit, pupuk sawit baru tanam
Untuk meningkatkan hasil dan kualitas kelapa sawit gunakan produk berkulaitas secara kualitas kuantitas dan kelestarian. selamat mencoba. demikian cara pemupukan kelapa sawit yang biasa di gunakan perkebunan sawit.

0 Response to "cara pemupukan kelapa sawit yang biasa di gunakan perkebunan sawit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel