CARA MENGATASI HAMA BUAH SEMANGKA

HAMA BUAH SEMANGKA. Budidaya buah semangka tidak jauh dengan yang namanya hama dan penyakit, Bukan hanya tanaman semangka saja budidaya tanaman apa saja pasti terserang hama dan penyakit jika tidak segera di lakukan pencegahan maka hasil dari panen tanaman yang dibudiayakan akan menurun bahkan bisa sampai gagal panen. Agar tidak terjadi hal yang semacam itu maka diperlukan tata cara budidaya tanaman yang baik dari perawatan, pengendalian, pencegahan hingga cara mengatasi hama dan penyakit tanaman.
BACA JUGA CARA AGAR BUAH SEMANGKA BERBUAH LEBAT DAN BESAR
cara  mengatasi hama buah semangka

Perlu anda ketahui Hama yang biasa menyerang tanaman buah semangka atara lain :

Hama Thrips
Ciri - ciri :  Hama thrips berukuran kecil ramping, warna pucat kehitaman, mempunyai sungut badan beruas-ruas.
Cara Pengendalian : Pengolahan lahan yang bagus menggunakan pupuk organik nasa yang berupa Supernasa dan penggunaan Natural Glio untuk penngendalian jamur dari dalam tanah fermentasikan 1 kotak glio dengan pupuk kandang 25-50 kg perlubang tanam dikasih 1 sendok makan perlubang yang akan di tanaman bibit semangka, Semprotkan pupuk organnik cair Nasa POC Nasa 5 ttp + 1 ttp Hormonik pertangki di semprotkan pada pagi hari.
Cara Pencegahan ; Semprotkan PESTONA dengan dosis 7 ttp botol + 1/2 ttp AERO pertangki penyemprotan dengan interval 10 hari sekali. Jika tanaman sudah terkena hama thrips lakukan penyemprotan Natural Petana 3 ttp + 1/2 ttp Aero pertangki lakukan penyeprotan sore hari.

Ulat Perusak Daun
Ciri - ciri berwarna hijau dengan garis hitam berwarna hijau bergaris kuning.
Gejala daun dimakan sampai tinggal lapisan lilinnya dan terlihat dari jauh seperti berlubang.
Pengendalian : semprotkan Pestona 7 ttp + 1/2 ttp Aero.

Tungau
Ciri - ciri binatang berwarna merah agak kekuningan/kehijauan berkurang kecil menghisap cairan tanaman.
Tandanya : tanpak jaring-jaring sarang binatang ini dibawah permukaan daun, warna dedaunan akan pucat.
Pengendalian : Semprotkan BVR dan Pestona.

Ulat Tanah
Ciri - ciri berwarna hitam bintik / bergaris - garis, panjang tubuh 2-5 cm, aktif merusak dan bergerak pada malam hari, menyerang daun, terutama tunas muda, ulat dewasa memangsa pangkal tanaman.
Pengendalian : 1. penanaman secara serempak pada daerah yang berdekatan untuk memutus siklus hidup hama dan pemberantasan sarang ngengat disekitarnya.
Pengendalian : 2. Semprotkan dengan Pestona.

Lalat Buah
Ciri - ciri mempunyai sayap yang trasparan berwarna kuning dengan bercak - bercak dan mempunyai belalai.
Tanda - tanda serangan lalat buah pada tanaman semangka a; terdapat bekas luka pada kulit buah (seperti tusukan belalai ), daging buah beraroma sedikit masam dan terlihat memar.
Pengendalian : Membersihkan lingkungan, tanah bekas hama dibalikan dengan dibajak/cangkkul, pemasangan perangkap lalat buah METILAT LEM dan semprotkan PESTONA.

Catatan : Jika pengendalian hama penyakit menggunakan pestisida alami belum mengatasi dapat dipergunakan pestisida kimia. Sejak awal pakailah pupuk organik nasa, POWERNUTRITION, SUPERNASA, POC NASA, HORMONIK

cara mengatasi hama buah semangka

Demikian postingan kali ini Cara Mengatasi Hama Buah Semangka semoga bermanfaat bagi para petani semangka agar lebih teliti bagaimana cara budidaya buah semangka yang baik dan benar agar berbuah lebat. semoga bermanfaat.

0 Response to "CARA MENGATASI HAMA BUAH SEMANGKA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel